Sunday, November 22, 2020

Tips & Trik Bagaimana Cara Merawat Baterai Laptop Agar Tahan Lama

Tips & Trik Bagaimana Cara Merawat Baterai Laptop Agar Tahan Lama


Tips & Trik Bagaimana Cara Merawat Baterai Laptop Agar Tahan Lama - Pada zaman sekarang, rata-rata orang akan menghabiskan waktu lebih lama didepan layar laptop ataupun smartphone untuk menunjang pekerjaan sehari-hari, terlebih lagi dimasa pandemi ini semua harus serba online, bahkan semua sekolah dimulai dari SD hingga kuliah pun dilakukan secara daring. Meskipun kebanyakan orang akan menggunakan smartphone karena mobilitasnya lebih tinggi, laptop juga masih banyak diminati oleh orang-orang yang lebih mementingkan kenyamanan.

Salah satu komponen utama laptop yang sangat riskan jika terlalu sering digunakan adalah baterai, karena jika salah melakukan perawatan dan penggunaan baterai akan cepat rusak, padahal harga baterai original laptop terbilang lumayan mahal.

Layaknya baterai pada umumnya, baterai laptop juga memiliki sumber daya yang terbatas, dan jika dipaksa untuk terus digunakan, maka sumber daya tersebut akan cepat habis dan rusak. Rata-rata baterai laptop pada umumnya hanya bertahan antara 2-5 jam jika digunakan untuk multitasking yang akan memakan banyak RAM pada laptop, dan pasti membutuhkan kecepatan CPU yang sangat tinggi.

Sebenarnya, penyebab utama baterai laptop cepat rusak adalah terjadinya kebocoran pada baterai karena penggunaannya yang tidak benar. Nah maka dari itu, sebelum baterai laptop kamu rusak, ada baiknya kamu menyimak Tips & Trik Cara Merawat Baterai Laptop agar tahan lama berikut ini.

Cara Merawat Baterai Laptop yang Benar Agar Tidak Cepat Rusak

Berikut adalah tips mudah merawat baterai laptop yang baik agar tidak cepat rusak.

1. Mengisi Daya Baterai Pada Saat Pertama Kali Membeli Laptop

Cara merawat baterai laptop agar tahan lama yang satu ini sebenarnya dilakukan bukan tanpa alasan. Hal ini dikarenakan ketika pertama kali membeli laptop, daya baterai pasti dalam keadaan kosong dan kita diwajibkan untuk mengisinya terlebih dahulu dan tidak boleh digunakan agar pengisian daya ke dalam baterai lebih optimal dan baterai benar-benar terisi dengan penuh.

2. Cabut Charger Saat Daya Sudah Penuh

Tips merawat baterai laptop agar tidak cepat rusak yang satu ini sih sebenarnya sudah tidak berlaku lagi ya di era sekarang. Rata-rata produk laptop yang diproduksi pada saat ini sudah menerapkan sistem yang biasa disebut Auto Cut-Off Charging. Nah jadi cara kerjanya adalah, fitur ini akan memutuskan aliran daya jika penampung daya sudah benar-benar penuh. Lebih praktis dan tidak perlu takut lagi sebenarnya jika kita ketiduran atau kelupaan mencabut charger dari laptop.

Tapi, meskipun demikian lebih baik kamu mencabut charger pada saat daya sudah terisi penuh, karena hemat listrik itu penting loh hehe..

Baca Juga:

3. Gunakan Charger Original

Nah kalau tips merawat baterai laptop yang ini harus benar-benar wajib dilakukan ya! Karena meskipun banyak charger murah yang katanya berkualitas tinggi bertebaran dipasar, kamu tetap diwajibkan menggunakan charger original yang sudah disediakan oleh perusahaan yang memproduksi laptop. Karena banyak charger palsu yang tingkat kestabilan dayanya sangat buruk, hal ini malah akan membuat baterai laptop cepat rusak karena daya yang diterima tidak stabil.

4. Charger Laptop Jangan Sampai Pada 0%

Cara supaya baterai laptop lebih awet yang ini nih yang harus banget kalian terapin, jangan malas untuk menancapkan charger jika baterai laptop sudah mulai melemah. Usahakan charger laptop ketika daya baterai masih berkisar diantara 20-30%. Hal ini bertujuan agar laptop tidak sempat mati. Karena jika laptop sudah sempat mati, banyak komponen lain yang juga akan ikut rusak karena komponen-komponen ini masih bekerja.

Nah, mudah bukan Cara Merawat Baterai Laptop Supaya Tidak Cepat Rusak? Yang perlu kalian ingat adalah, jangan gunakan laptop atau smartphone terlalu lama agar daya tidak cepat habis dan malah membuat umur baterai menjadi semakin cepat rusak. Semoga Tips & Trik Merawat Baterai Laptop Agar Tahan Lama kali ini dapat membantu kalian semua ya!

Artikel Terkait

Tips & Trik Bagaimana Cara Merawat Baterai Laptop Agar Tahan Lama
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Pengunjung/Pembaca yang baik harus selalu meninggalkan komentar. Tentunya dengan beberapa aturan, seperti:

- Dilarang SPAM
- Komentar yang relevan
- SARA (Suku, Ras, Agama, atau Antar Golongan)
- Memberikan feedback atau Kritik dan Saran
- Boleh meninggalkan link aktif, asalkan berkomentar dengan baik