Tuesday, September 4, 2018

Cara Mendapatkan Supplier yang Tepat di Tokopedia

Cara Mendapatkan Supplier yang Tepat di Tokopedia

Cara Mendapatkan Supplier di Tokopedia Bagi Para Dropshipper - Zaman sekarang, semua serba online, hingga belanja pun kita tidak perlu repot-repot lagi untuk pergi ke pusat perbelanjaan. Banyak marketplace penyedia jasa jual beli secara online. Dengan tawaran kemudahan berbelanja, siapa sih yang tidak mau?

Ada pembeli, ada pula penjual. Banyaknya market place yang ada di Indonesia membuat banyak sekali lapangan pekerjaan yang baru. Salah satu contohnya adalah, Dropshipper. Jika Anda belum paham mengenai apa itu dropship? Silahkan lihat gambar alur dibawah ini.

Cara Mendapatkan Supplier yang Tepat di Tokopedia

Intinya, menjadi seorang dropshiper adalah Anda tidak perlu memiliki stok dari produk yang akan Anda jual, dan Anda tidak perlu repot untuk mengirim barang. Semua hal tersebut sudah dilakukan oleh supplier produk Anda.

Nah, bagian yang paling terpenting dalam menjalankan bisnis sebagai dropshiper adalah mencari supplier yang tepat untuk dropship. Dalam hal ini, Anda bisa mencari supplier dari seluruh marketplace yang tersedia di Indonesia. Tetapi dalam penjelasan kali ini, Saya akan mencoba menjelaskan cara mencari supplier di tokopedia. Karena, rata-rata supplier akan berjual di tokopedia. Penjelasannya dibawah:

1. Shopee : Lebih dominan menjual produk untuk perempuan dan anak
2. Bukalapak : Lebih dominan menjual produk laki-laki, khususnya otomotif dan hobi
3. Tokopedia : Lebih dominan tempat berkumpulnya para supplier, menjual produk murah.
4. Lazada : Hampir sama dengan tokopedia, bedanya hanya terletak pada verifikasi penjual (Lebih ketat)

Nah, dari penjelasan beberapa market place yang terkenal di Indonesia berarti kita sudah bisa memastikan akan mengambil supplier yang cocok melalui tokopedia.

Cara Mencari Supplier di Tokopedia Untuk Bisnis Dropship

Berikut langkah-langkah yang harus Anda lakukan ketika ingin mencari supplier yang tepat di tokopedia, dengan tujuan agar nantinya jika bisnis dropship Anda sudah berkembang, Anda tidak perlu pusing mencari supplier pengganti.
  1. Tentukan produk yang ingin Anda jual. Saya ibaratkan, Saya ingin menjual Baju Gamis
  2. Lakukan pencarian produk Baju Gamis di Tokopedia
  3. Akan ada banyak hasil pencarian yang keluar, untuk mengurutkannya pilihlah menu "Urutkan", dan pilih "Penjualan". Setelah itu, sistem tokopedia akan mengurutkan penjualan yang paling tinggi pada produk yang Anda cari.
  4. Lihat produk dengan ratting paling tinggi, dan penjualan paling banyak.
  5. Buka toko penjual produk tersebut lalu amati Kecepatan Toko, Reputasi, dan Waktu Terakhir Online.
  6. Kriteria yang baik adalah Kecepatan Toko (Sangat Cepat), Reputasi (Gold/Emas), dan Waktu Terakhir Online (Dibawah 1 jam yang lalu).
  7. Setelah semua kriteria terpenuhi, lihat catatan dari pelapak mengenai informasi (Biasanya pelapak atau supplier akan meninggalkan catatan bagi para pembeli maupun dropshipper)
  8. Jika dicatatan ada informasi untuk para dropshipper, maka hal yang harus Anda lakukan setelah itu adalah mengirimkan pesan kepada supplier untuk menanyakan alamat lengkap (Tujuannya agar tidak ada kesalahan ongkos kirim, nanti akan Saya jelaskan)
  9. Setelah semua informasi, dan alamat toko Anda dapatkan. Saatnya membuka Toko.
Cara Mendapatkan Supplier yang Tepat di Tokopedia


Cara Mendapatkan Supplier yang Tepat di Tokopedia

Jika Anda mencari supplier melalui tokopedia, Anda harus menjualnya melalui marketplace lain atau website toko online Anda. Hal ini bertujuan agar tidak perang harga dengan supplier. Ibaratkanlah Anda membuka toko di Shopee.


Tujuan Anda meminta alamat tadi adalah untuk alamat toko Anda di Shopee. Masukkan alamat toko Anda sesuai dengan alamat toko yang diberikan oleh Supplier. Agar tidak ada kesalahan perhitungan ongkos kirim nantinya.

Tips yang paling penting dalam menentukan supplier di tokopedia adalah. Usahakan Anda hanya menggunakan satu supplier untuk satu toko Anda. Karena alamat supplier berbeda-beda, jadi jika lebih dari satu supplier, maka Anda akan kesusahan untuk menghitung estimasi pengeluaran biaya kirim.

Lakukan upload produk dengan rajin, usahakan ganti deskripsi dari supplier dan gunakan deskripsi serta judul produk yang dapat menarik perhatian pembeli. Untuk teknik pemberian judul dan deskripsi pada produk akan Saya jelaskan di artikel lainnya.

Sampai disini dulu tips dari KOKBISASIH mengenai Cara Mendapatkan Supplier yang Tepat di Tokopedia untuk bisnis dropship. Semoga dengan diterbitkannya artikel ini, dapat membantu Anda yang ingin memulai bisnis menjadi seorang dropshipper.

Artikel Terkait

Cara Mendapatkan Supplier yang Tepat di Tokopedia
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Pengunjung/Pembaca yang baik harus selalu meninggalkan komentar. Tentunya dengan beberapa aturan, seperti:

- Dilarang SPAM
- Komentar yang relevan
- SARA (Suku, Ras, Agama, atau Antar Golongan)
- Memberikan feedback atau Kritik dan Saran
- Boleh meninggalkan link aktif, asalkan berkomentar dengan baik